Pola Makan Sehat Menyambut Bulan Ramadhan

Pola Makan Sehat di Bulan Ramadhan

 

Ramadhan Penuh Berkah

Kini, Bulan Suci kian dekat. Persiapan pun dilakukan sebagian besar umat Muslim agar tetap bugar dan sehat di bulan puasa mendatang. Perintah puasa sendiri sudah jelas tertera dalam firman Allah Surat Al-Baqarah: 183 yang berbunyi ‘’Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,’’.

Perintah tersebut disejajarkan Allah SWT dengan QS Al-Baqarah ayat 172 agar umat Muslim tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan halal ketika berbuka sebagai pemenuhan nutrisi setelah berpuasa sehari penuh. “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. 2: 172).

Lewat kedua ayat tersebut, Allah menunjukkan kepada umat Muslim di seluruh lapisan dunia agar menjalankan ibadah puasa dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan halal. Menu yang sehat dan halal idealnya disiapkan sepenuhnya untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, mengonsumsi makanan yang bergizi, halal dan baik juga akan menambah kekuatan dan daya saat berpuasa.

Puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh anggota tubuh dari pengaruh racun. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang halal dan baik tentu berpengaruh terhadap tubuh.
Selain kualitas makanan yang baik, selektif dalam memilih menu makanan juga diperlukan. Kejelian dalam memilih nutrisi pangan menjadi tolak ukur pembersihan tubuh secara maksimal.

Sebaiknya kita memilih pangan organik lokal yang segar untuk dikonsumsi. Karena selain kandungan nutrisinya lebih baik dari produk konvensional, makanan organik juga membuat tubuh lebih baik. Produk yang mengandung pestisida dan pupuk sintesis akan berdampak pada proses pembersihan tubuh dari pengaruh racun.

Tak hanya pangan organik, biasanya sebagian umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga melengkapi waktu sahurnya dengan meminum susu agar lebih kuat dan lebih berenergi. Untuk produk susu, sebaiknya pilih yang bentuknya segar. Mengkonsumsi susu pun harus sesuai kebutuhan. Jika kurang suka dengan susu, yoghurt pun bisa menjadi penggantinya.

Tips Sehat Menyambut Ramadhan.

 

Makanan Sehat di Bulan Puasa

Pertama, konsumsilah madu atau buah kurma seperti sunnah Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa.

Kedua, saat berbuka, makanlah secara bertahap sehingga memberi kesempatan pada organ pencernaan untuk beradaptasi.

Ketiga, pilihlah buah dan sayuran organik, lokal, segar dan variatif.

Keempat sebaiknya gunakan gula aren dan kurangi gula pasir.

Kelima, kurangi makanan yang dikalengkan

Keenam, hindarilah makanan yang diproses dengan berbagai pengawet, pewarna, pemanis buatan.

Ketujuh, mengolah sendiri makanan yang dikonsumsi sehingga mengetahui bahan bakunya.

Kedelapan, masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus, atau dimakan mentah (lalapan, salad).

Kesembilan, seimbangkan protein hewani dengan sayuran yang beraneka warna.

Artikal terkait : Diet Sehat dan Makanan Sehat Untuk Jantung

Posted on 14 Juli 2011, in Tips Ramadhan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: