Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

 

Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.

Karena bau mulut orang berpuasa bernilai pahala, sebagian orang tidak terlalu memedulikannya. Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan. Simak beberapa tips sederhana mencegah bau mulut selama puasa,

Inilah tips yang bisa Anda coba:

1. Sebelum berpuasa periksakan gigi ke dokter

2. Cara paling mudah untuk meredam bau mulut selama berpuasa tentu saja rajin membersihkan gigi dan lidah setelah sahur dan sebelum tidur. Selesai sahur, banyak orang malas gosok gigi, malah langsung tidur lagi. Padahal, setelah 30 menit tak makan, keasaman mulut akan meningkat karena sisa asam tidak diangkat.

3. Gunakan obat kumur. Kalo tidak punya bisa diganti dengan ½ sdt baking soda + ½ sdt garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat

4. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

5. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

6. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

7. Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

8. Asup makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.

9. Hindari makan makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, petai, jengkol. Kalo Anda ingin sekali makan, makanlah waktu berbuka saja

Untuk menetralkan bau mulut sekaligus membuat napas lebih segar selama berpuasa, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa ramuan alami berikut ini:

1. Cengkeh

Cengkeh

Minyak cengkih mampu memperbaiki fungsi lambung sehingga pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, minyak cengkih diyakini mampu mengurangi peradangan, khususnya yang terjadi pada selaput lendir mulut dan tenggorokan sebagai salah satu pemicu timbulnya bau mulut.

Berikut cara meramunya:

Ambil 3-5 bunga cengkih. Seduh dengan air secukupnya lebih kurang 5 menit, lalu dinginkan. Gunakan air ini untuk berkumur. Cara lain, ambil beberapa butir cengkih kering. Tumbuk sampai hancur, rendam dalam segelas air hangat. Setelah 30 menit, airnya dapat digunakan untuk berkumur.

2. Daun sirih

Sirih

 

Minyak atsiri dalam daun sirih memiliki aktivitas antibakteri yang cukup besar. Terutama memberantas bakteri di mulut.

Cara meramu: Cuci bersih 10-15 lembar daun sirih lembar daun sirih lalu direbus dengan 1,5 gelas air. Setelah dingin, air rebusan ini digunakan untuk berkumur setelah sahur.

 

3. Kayu manis

Kayu Manis

Herba ini dikenal memiliki berbagai khasiat, termasuk mengurangi bau tak sedap yang keluar dari mulut saat berpuasa. Selain itu juga mengandung zat yang dapat menurunkan konsentrasi bakteri di dalam mulut.

Caranya: Rebus dua batang kayu manis dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya dapat digunakan sebagai obat kumur.

 

4. Kapulaga

Kapulaga

Kapulaga terkenal sebagai ekspektoran sekaligus antibakteri yang berasal dari kandungan minyak asiri sineol.

Caranya, biji kapulaga direbus dengan air bersih. Setelah masak dan dingin, air rebusan dapat digunakan untuk obat kumur. Berkumurlah setelah gosok gigi, seusai makan sahur tentunya.

Kalau Anda melaksanakan tips di atas mudah – mudahan anda bisa mengucapkan “ Good bye bau mulut”

Posted on 30 Juli 2011, in Tips Ramadhan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: