Olahraga Yang Sehat Saat Puasa

Olahraga Yang Sehat Saat Puasa

Olahraga Saat Puasa

Olahraga adalah aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran. Olahraga membuat pergerakan usus menjadi lebih cepat, sehingga proses pembuangan sisa kotoran jadi lebih baik. Hal tersebut lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan lebih banyak mengkonsumsi serat, yang biasanya terdapat pada buah dan sayuran.

Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatannya bisa mencapai 10 – 15 kali lipat. Artinya peluang untuk menjadi lebih sehat terbuka. Tambahkan kondisi ini dengan darah yang lebih “bersih” karena sedang menjalani detoksifikasi

Kategori orang berolahraga

Berdasarkan kebiasaan berolahraga, pada dasarnya orang dibagi menjadi tiga macam: mereka yang tak pernah berolahraga, mereka yang rutin berolahraga, dan atlet.

Bagi pemula yang tak pernah olahraga, lalu mau ambil keputusan olahraga saat puasa, disarankan memulainya sekitar 30 menit sebelum buka. Bagi yang bermasalah dengan penyakit (misal diabetes, sakit jantung, stroke) dan ingin olahraga untuk hidup sehat, konsultasikan dulu dengan dokter. Kalau perlu selalu siapkan tindakan pencegahan. Siapkan tensimeter digital dan obat yang diperlukan.

Bagi yang biasa olahraga, bisa disesuaikan dengan tujuan. Bila ingin menggurangi lemak, maka 45 menit – 1 jam sebelum buka adalah waktu terbaik. Asal olahraganya tidak dengan intensitas tinggi

Bagi atlet atau yang senang olahraga keras, waktu terbaik untuk mulai adalah sekitar pukul 20.30 atau dua jam usai makan. Bila buka puasa pukul 18.00 dan makan pukul 18.30, maka waktu 2 jam sudah cukup untuk perut diajak olahraga. Tubuh sudah mulai mengosongkan isinya.

Khusus atlet, pastikan masuk cairan dulu sekitar 2 liter mulai dari buka sampai dengan mulai olahraga. Karena tubuh berada dalam status dehidrasi setelah 14 jam puasa. Jaga durasi maksimal olahraga 1,5 jam. Supaya tubuh tidak mengalami overtraining. Dan, jangan lupa, minimal 1 liter air sampai waktu tidur masuk ke dalam tubuh.

Olahraga apa yang bagus?

Stretching atau peregangan adalah salah satu jenis latihan yang dapat Anda lakukan. Tak hanya berguna untuk melancarkan peredaran darah, peregangan juga bermanfaat untuk meredakan emosi  dan menenangkan pikiran. Jenis olahraga yang lain adalah aerobik seperti jogging, jalan cepat atau renang. Olahraga ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung

Berapa lamakah kita berolahraga?

Yang baik adalah  mengejar target denyut jantung. Denyut jantung yang ditargetkan adalah sekitar 50-85% dari denyut jantung maksimal (220 dikurangi dengan umur Anda). Sebagai contoh  kalau seseorang berumur 35, maka denyut maksimal adalah 220-35=185. Target denyut jantung adalah  50-85% dari 185 yaitu 93-157 kali/menit, Olahraga dengan kisaran detak jantung seperti ini sudah bisa membakar lemak tubuh, mengontrol tekanan darah, kolesterol, serta penyakit degeneratif. Selain itu, kemungkinan cidera juga lebih kecil.

Jadi tak ada alasan bagi kita untuk berhenti berolahraga.

Posted on 2 Agustus 2011, in Tips Ramadhan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: